Di dalam BMC terdapat sembilan poin yang harus dipikirkan untuk usaha Anda, meliputi Infrastructure, Offering, Customers, Finances.
- Infrastructure
Key Activities: Langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha, seperti membuat seragam untuk karyawan yang bekerja pada Anda, dll.
Key Resources: Orang-orang yang akan terlibat dalam pengembangan usaha Anda. Buatlah struktur organisasi dan pembagian kerja yang jelas untuk masing-masing posisi.
Key Partner: Pihak-pihak yang dapat mendukung pengembangan usaha Anda, misal Anda akan membuat usaha kuliner, maka key partner/partner network Anda adalah produsen box kemasan yang dapat mencetak nama produk Anda.
- Offering
Value Proposition: Nilai yang dimiliki oleh produk/jasa Anda yang menjadi pembeda dengan produk/jasa lainnya. Poin ini sangat penting untuk memastikan bahwa produk Anda memiliki ciri khas di antara produk lain yang sejenis.
- Customer
Customer Segments: Sasaran pasar untuk jasa/produk Anda seperti usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, dll.
Channels: Media yang akan Anda manfaatkan untuk promosi produk/jasa Anda, dapat juga berupa upaya kerja sama dengan pihak lain.
Customer Relationships: Upaya yang akan Anda lakukan untuk dapat menarik pembeli pada produk/jasa Anda, misal promo atau doorprize.
- Finances
Cost Structure: Detail mengenai kebutuhan dan pengeluaran yang akan Anda lakukan selama pengembangan usaha.
Revenue System: Sumber pemasukan lainnya selain dari produk/jasa yang Anda buat, misal Anda membuat usaha sablon kaos. Selain itu, Anda juga menjual kaos polosnya atau mungkin jasa sablon di media lain seperti topi, tas, dll.
Business Model Canvas - Selamat Datang Diblog Yole >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Business Model Canvas - Selamat Datang Diblog Yole >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Business Model Canvas - Selamat Datang Diblog Yole >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK